Elga Setianingcahya, 122050034 (2017) TRANSFORMASI MEDIA CETAK KE DALAM MEDIA ONLINE ( Studi Deskriptif Kualitatif Majalah Destinasia Di Bandung ). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi internet telah menimbulkan perubahan dan perkembangan dalam dunia komunikasi massa. Karena internet, muncullah media baru atau new media. Kemunculan media baru tersebut mengubah cara masyarakatmendapatkan informasi melalui media. Awalnya, masyarakat mendapatkan informasi dan berita melalui media lama, seperti surat kabar, majalah,atau televisi. Namun setelah berkembangnya media baru, masyarakat juga mendapatkan informasi melalui media online yang dianggap lebih mudah diakses dan bersifat real time. Media lama pun akhirnya lama kelamaan mulai ditinggalkan, khususnya media cetak seperti surat kabar dan majalah. Untuk dapat terus berkompetisi sebagai sumber informasi masyarakat, media cetak pun melakukan inovasi dengan cara bertranformasi. Transformasi adalah penggabungan dari beberapa jenis media dan hadir dalam bentuk digital. Salah satu majalah yang melakukan transformasi media dari media cetak berbentuk ke media online berbentuk website adalah Destinasia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan teknologi komunikasi dan internet mempengaruhi ruang redaksi dan bagaimana pemanfaatan perkembangan teknologi internet diaplikasikan dalam pengelolaan ruang redaksi Majalah Destinasia yang berada di Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mediamorfosis Objek penelitian ini adalah Majalah Destinasia dengan subjek penelitian wartawan destinasia atau orang-orang yang memahami regulasi ruang redaksi media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan wawancara di mana pemilihan narasumber disesuaikan dengan kriteria tertentu berdasarkan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Majalah Destinasia sejauh ini masih beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi yang ada. Media online yang mereka miliki belum menjadi media utama untuk memuat berita yang mereka buat. Meski begitu Majalah Destinasia memandang optimis keberlangsungan media cetak di Indonesia, termasuk di Kota Bandung. Mereka juga mempersiapkan tranformasi media online sebagai model pengelolaan media online yang mereka miliki nantinya.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 03:26 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 03:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15112 |
Actions (login required)
View Item |