RENITA PRIHASTI SAPTINI, NPM. 118612034 (2016) PENGARUH LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
Rere_Naskah artikel jurnal.docx Download (85kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi perbedaan hasil belajar siswa kelas XI dengan menggunakan model Learning Cycle pada konsep peluang. Penelitian menggunakan metodologi mixed method. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Muslimin Cijenuk Kabupaten Bandung Barat, yaitu kelas XI IPS 1, dan XI IPS 2 dengan jumlah siswa masing – masing sebanyak 30 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 5 soal uraian. Dari hasil penelitian pada kelas Learning Cycle didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 4,99 dan rata-rata pottest sebesar 18,33. Sedangkan hasil penelitian pada kelas konvensional didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 6,43 dan rata-rata posttest sebesar 16,2. Setelah dilakukan penelitian pretest dan postest peneliti melanjutkan dengan t-Test Uji beda sample berpasangan. Didapatkan nilai sig. 0,000; 0,001; 0,045 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada α=5%. Selanjutnya dilakukan t-Test Uji beda dua mean independen. Karena nilai t diperoleh sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen, pada α=5%. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa, hasil belajar, dan sikap siswanya antara siswa pada kelas yang mendapatkan model pembelajaran Learning Cycle lebih baik dari pada yang mendpatkan konvensional. Kata Kunci : Model Learning Cycle, Pemahaman Matematis, Hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 06:35 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 06:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14167 |
Actions (login required)
View Item |