PERANAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANGGULANGI DEGRADASI MORALITAS PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif di SMA Negeri 1 Sukahaji Kabupaten Majalengka)

DEHAS YUDHA PRATAMA, 125010044 (2016) PERANAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANGGULANGI DEGRADASI MORALITAS PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif di SMA Negeri 1 Sukahaji Kabupaten Majalengka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ENG.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Tata tertib sekolah adalah aturan atau peraturan yang baik dan merupakan hasil pelaksanaan yang konsisten dari peraturan yang ada. Tata tertib sekolah merupakan aturan yang harus dipatuhi setiap warga sekolah tempat berlangsungnya proses belajar mengajar. Sehubungan dengan itu, peneliti tertarik melakukan penelitian mengenai peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di SMA Negeri Sukahaji Kabupaten Majalengka. Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah; 1) bagaimana meningkatkan kesadaran peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah di SMA Negeri Sukahaji Kabupaten Majalengka; 2) Bagaimana meminimalisir peserta didik agar tidak melakukan perilaku menyimpang terhadap tata tertib sekolah? ; 3) Bagaimana persepsi peserta didik SMA Negeri 1 Sukahaji Kabupaten Majalengka terhadap pentingnya tata tertib sekolah?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah di SMA Negeri 1 Sukahaji Kabupaten Majalengka, meminimalisir peserta didik agar tidak melakukan perilaku menyimpang terhadap tata tertib sekolah, meningkatkan persepsi perserta didik SMA Negeri 1 Sukahaji Kabupaten Majalengka terhadap pentingnya tata tertib sekolah. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut, 1. Agar tata tertib sekolah di taati dan di patuhi maka diperlukan sanksi untuk meminimalisisr peserta didik agar tidak melakukan perilaku menyimpang terhadap tata tertib sekolah tetapi sanksi tersebut harus sesuai dan tidak ada kekerasan 2. guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan sangat berperan penting dalam menanggulangi degradasi moralitas peserta didik dan menyadarkan peserta didik bahwa pentingnya tata tertib sekolah di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 28 Sep 2016 19:46
Last Modified: 28 Sep 2016 19:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13232

Actions (login required)

View Item View Item