PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP PERGESERAN PENGHAYATAN NILAI-NILAI PANCASILA DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus di FKIP Universitas Pasundan Bandang)

Fahmi Umam Ramadhani, 125010009 (2016) PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP PERGESERAN PENGHAYATAN NILAI-NILAI PANCASILA DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus di FKIP Universitas Pasundan Bandang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. halaman sampul.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Kata kunci : pancasila dan globalisasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terlihat dan dirasakan serta berdasarkan pemangatan dini tentang penghayatan nilai-nilai pancasila dikalangan mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universtas Pasunda Bandung. penelitian ini dilakukan berdasarkan hasi dari analisis awall yang menunjukan bahwa para mahasiswa sangat terfokus dan tergantung kepada sebuah zaman dimana mereka menggeser pedoman hidup secara kenegaraan yang mereka miliki yaitu pancasila, salah satu contoh adalah. Pancasila mengajarkan persatuan dalam konsep nilai sila ke-3, tetapi justru mahasiswa disini menjauhkan nilai nilai persatuan dan kesatuan dan hidup individual hanya dengan menikmati kemajuan zaman. Masalah yang sangat dirasakaan ini yang kemudian di dalami dengan maksud mengukur seberapa berpemgaruhmya era globalisasi terhadap pergeseran penghaytan nilai-nilai pancasila dan faktor-faktor apa saja yang membuat itu terjadi dikalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus dengan mengaplikasikan wawancara, studi dokumentasi dan observasi yang dilakukan selama 2 minggu di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung, dalam penelitian ini peneliti berhasil mewawancara 10 mahasiswa FKIP Unpas sebagai narasumber. Hasil penelitian dilapangan menunjukan bahwa pergeseran terhadap penghayatan nilai-nilai pancasila di kalangan mahasiswa sudah lama terjadi dan sedikit demi sedikit kian memprihatinkan sejalan dengan kemajuan zaman yang disebut era globalisasi dimana jika hal ini dibiarkan akan menjadi masalah baru yang rumit dalam perjalanan hidup individu dalam kontek berbangsa dan bernegara. Hasil penelitian menunjukan hal itu dengan dtemukannya 2 faktor paling berengaru terhada pergeseran penghayatan nilai-nialai pancasila dikalangan mahasiswa, faktor pertama adalah kemajuan teknologi lewat internet dan gudget dan faktor ke dua adalah faktor sosial budaya yang masuk dari luar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Sep 2016 19:54
Last Modified: 27 Sep 2016 19:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13097

Actions (login required)

View Item View Item