RIFAL GUSTIAN, 125060171 (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN PASIRMULYA 1 (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Kenampakan Alam di Kelas IV SDN Pasirmulya 1 Pangalengan Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Judul Skripsi.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstract.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB 1 Pendahuluan.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II Kajian Teori.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
18. Daftar Pustaka.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini pada bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) di kelas IV SDN Pasirmulya 1 Kabupaten Bandung pada materi kenampakan alam dengan menggunakan model Numbered Heads Together ( NHT). Penelit ian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV pada mate r i kenampakan alam . Penelitian Tinda kan Kelas ini berlangsung dalam 2 siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap siklus terdiri dari beberapa tahap an yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan analisis serta refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar pada setiap siklusnya, jika di lihat dari motivasi pada siklus I dari jumlah siswa 35 hanya 15 siswa atau 4 3% yang termotivasi dalam belajar, kemudian siklus II terjadi peningkatan 29 siswa atau 83% yang termotivasi dalam belajar. Sedangkan hasil penelitian di lihat dari hasil belajar siswa pada siklus I dari jumlah siswa 35, siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 siswa atau 69% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan, siswa yang mencapai KKM sebanyak 29 siswa atau 83%. Selain di lihat dari peningkatan motivasi dan hasil belajar, dapat di lihat berdasarkan peningkatan hasil observasi yang meliputi aspek psikom otor pada setiap siklusnya mengalami peningkatan dan memiliki kategori baik. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together ( NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembel ajaran IPS. Kata k unci: motivasi, hasil belajar dan model Numbered Heads Together ( NHT).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 14:18 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 14:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12785 |
Actions (login required)
View Item |