PENGGUNAAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA KONSEP BIOSAFETY

GINA SILVIANA, 125040081 (2016) PENGGUNAAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA KONSEP BIOSAFETY. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.1. ABSTRAK indonesia.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.2. ABSTRAK inggris.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB II.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Model Explicit Instruction untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa pada Konsep Biosafety” yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan generik sains siswa pada konsep Biosafety dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PreExperimental Designs dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIIA SMA Kartika XIX-1 Bandung dengan sampel sebanyak satu kelas yang ditentukan dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda, lembar observasi dan lembar unjuk kerja. Keterampilan generik sains dalam penelitian ini mencakup tiga indikator, yaitu: pengamatan langsung, bahasa simbolik dan inferensi logika. Dari hasil penelitian N-gain yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan keterampilan generik sains siswa sebesar 0,75 dengan kategori peningkatan tinggi. Selanjutnya pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh hasil yang signifikan karena t hitung  t tabel , yaitu 39,935 > 2,017. Hasil penilaian lembar observasi menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran yang telah dilakukan karena 82,22% siswa mendapat nilai afektif A dan 17,78% siswa lainnya mendapatkan nilai afektif B. Hasil penilaian lembar unjuk kerja menunjukkan 86,67% siswa memperoleh nilai psikomotor A dan 13,33% lainnya mendapatkan nilai B. Hal ini menunjukkan bahwa tahapantahapan dalam pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan keterampilan generik sains siswa pada konsep Biosafety. Kata Kunci: Model pembelajaran Explicit Instruction, keterampilan generik sains, Biosafety.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Sep 2016 17:49
Last Modified: 22 Sep 2016 17:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12417

Actions (login required)

View Item View Item