PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

GINA RIZKI SEPTIANI, 125050033 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan salah satu dari kemampuan siswa yang harus dikembangkan selama dan sesudah proses pembelajaran. Hal ini karena melalui komunikasi matematis siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematis secara lisan dan tulisan. Salah satu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui siswa yang bersikap positif terhadap model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Bandung dan sampel diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII D dan VIII H. Indikator kemampuan komunikasi matematis yang digunakan dalam penelitian yaitu 1) mengorganisasikan dan mengkonsolidasi pemikiran matematika dan mengkomunikasikan kepada siswa lain, 2) mengekpresikan ide-ide matematika secara koheren dan jelas kepada siswa lain, guru, dan lainnya, 3) meningkatkan atau memperluas pengetahuan matematika siswa dengan cara memikirkan pemikiran dan strategi siswa lain, 4) menggunakan bahasa matematika secara tepat dalam berbagai ekpresi matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan angket skala sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menggunakan SPSS versi 22.0 for Windows, bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Rreciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan angket yang diberikan pada kelas eksperimen, diperoleh informasi bahwa sikap siswa positif terhadap model pembelajaran Reciprocal Teaching. Oleh karena itu, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan pembelajaran matematika. Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 17:41
Last Modified: 05 Sep 2016 17:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11499

Actions (login required)

View Item View Item