IMPLEMENTASI MODEL PjBL DENGAN PENILAIAN PROYEK DAN MENGHASILKAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

EDI MUGIA JAYA, NPM. 138060079 (2015) IMPLEMENTASI MODEL PjBL DENGAN PENILAIAN PROYEK DAN MENGHASILKAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK .docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (90kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman matematika dan kemandirian belajar siswa SMP merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu pendekatan baru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode kuasi eksperimen yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan model Projrct Based Learning (PjBL) dengan penilaian proyek dan menghasilkan produk yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika dan kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Sukaraja . Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara acak teridiri dari 3 kelas yaitu kelas yang memperoleh pembelajaran Projrct Based Learning (PjBL) dengan penilaian proyek dan menghasilkan produk, kelas yang memperoleh pembelajaran Projrct Based Learning (PjBL) dengan penilaian proyek dan kelas yang memperoleh kelas ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis, angket kemandirian belajar dengan skala likert. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematika bagi kelas yang memperoleh model Projrct Based Learning (PjBL) dengan penilaian proyek dan menghasilkan produk lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Projrct Based Learning (PjBL) dengan penilaian proyek tanpa produk dan ekspositori, (2) Kemandirian belajar siswa untuk kelas memperoleh model model Projrct Based Learning (PjBL) dengan penilaian proyek dan menghasilkan produk lebih baik daripada kemandirian belajar siswa siswa yang memperoleh pembelajaran Projrct Based Learning (PjBL) dengan penilaian proyek tanpa produk dan ekspositori , (3) Terdapat pengaruh asosiasi kemampuan pemahaman matematis terhadap kemandirian belajar,. Hasil respon siswa menunjukan bahwa model Projrct Based Learning (PjBL) dengan penilaian proyek dan menghasilkan produk lebih menarik dan lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran Projrct Based Learning (PjBL) dengan penilaian proyek tanpa produk dan ekspositori. Kata kunci: Projrct Based Learning (PjBL) dengan penilaian proyek dan menghasilkan produk, kemampuan pemahaman matematis, kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 Sep 2016 15:44
Last Modified: 05 Sep 2016 15:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11458

Actions (login required)

View Item View Item