PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR PUISI BERORIENTASI PADA SISTEM TANDA DENGAN MODEL OPEN ENDED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 2 KOTA CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ABDUL AZIS SOPYAN, 125030161 (2016) PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR PUISI BERORIENTASI PADA SISTEM TANDA DENGAN MODEL OPEN ENDED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 2 KOTA CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
6. COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
14DAFTAR IS1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
13DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Menganalisis adalah suatu proses menemukan sesuatu dalam sebuah objek atau menemukan suatu jenis masalah yang terdapat dalam tulisan. Menganalisis struktur puisi yaitu menganalisis struktur fisik dan batin serta berorientasi pada sistem tanda yang meliputi penginderaan, perasaan, pikiran, tanda, lambang, isyarat, dan maksud/makna dalam puisi. model open ended learning bertujuan agar proses pembelajaran dihadapkan pada pemebelajaran terbuka dan difokuskan pada tingkat pemahaman siswa dalam mencari suatu permasalahan terbuka. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) Mampukah penulis meren-canakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis struktur puisi ber-orientasi pada sistem tanda dengan menggunakan model open ended learning pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Kota Cimahi?; (2) Mampukah siswa kelas X SMA Pasundan 2 Kota Cimahi menganalisis struktur puisi berorientasi pada sistem tanda dengan tepat?; dan (3) Efektifkah model open ended learning digunakan dalam pembelajaran meng-analisis struktur puisi berorientasi pada sistem tanda pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Kota Cimahi? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, me-laksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis struktur puisi berorientasi pada sistem tanda dengan model open ended learning pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Kota Cimahi; (2) Siswa kelas X SMA Pasundan 2 Kota Cimahi mampu menganalisis struktur puisi berorientasi pada sistem tanda dengan tepat; dan (3) Model open ended learning efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis struktur puisi berorientasi pada sistem tanda pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Kota Cimahi. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Pre-Experimental Design jenis One Group Pretest Posttest dengan teknik penelitian telaah studi pustaka, observasi, uji coba, tes, dan analisis. Adapun simpulannya sebagai berikut. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis struktur puisi dengan model open ended learning pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Kota Cimahi. Hasil rata-rata nilai perencanaan sebesar 3,91 dan pelaksanaan sebesar 3,86 pembelajaran dan rata-rata nilai kumulatif sebesar 3,98. Siswa kelas X SMA Pasundan 2 Kota Cimahi mampu menganalisis struktur puisi berorientasi pada sistem tanda dengan tepat. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 37,00 dan nilai rata-rata postes sebesar 65,51, sedangkan selisih pretes dan postes yaitu sebesar 36,27. Model open ended learning efektif digunakan dalam pembelajaran pembelajaran menganalisis struktur puisi berorientasi pada sistem tanda dengan model open ended learning pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Kota Cimahi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil menunjukkan t_hitung>t_tabel, yakni 18,70 ≥ 2,07 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 28. Hal ini membuktikan bahwa model open ended learning efektif digunakan dalam pembelajaran meng-analisis struktur puisi berorientasi pada sistem tanda. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: pembelajaran, menganalisis, struktur Puisi, berorientasi pada sistem tanda, open ended learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 02 Sep 2016 14:57
Last Modified: 02 Sep 2016 14:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10074

Actions (login required)

View Item View Item