PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS KECAMATAN CIPANAS KABUPATEN CIANJUR

ALDI MUHAMMAD TAUFIK, 122010103 (2016) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS KECAMATAN CIPANAS KABUPATEN CIANJUR. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Puskesmas sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan yang paling penting mengemban tugas untuk memberi pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat. Puskesmas dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan dan kepuasan pasien dengan memberi pelayanan yang bermutu. Pelayanan bermutu dalam konteks pelayanan di Puskesmas berarti memberikan pelayanan kepada pasien didasarkan pada standar kualitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat, sehingga dapat memperoleh kepuasan yang akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan pasien terhadap Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan masyarakat di Puskesmas Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian asosiatif dengan menggunakan analisa kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien Puskesmas Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur sebanyak 30 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai probabilitas = 0,025 < 0,05 maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan masyarakat di Puskesmas Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan masyarakat di Puskesmas Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur meliputi fasilitas ruang pemeriksaan dan ruang tunggu kurang memadai, petugas pelayanan kurang handal, dan jaminan kesembuhan tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Dengan demikian Puskesmas Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur perlu mempertahankan elemen-elemen yang sudah dinilai baik oleh masyarakat serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang baik sehingga kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan terpenuhi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 02 Sep 2016 15:00
Last Modified: 02 Sep 2016 15:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9996

Actions (login required)

View Item View Item