STUDI DAN IMPLEMENTASI PEMBAYARAN PPOB (PAYMENT POINT ONLINE BANK) STUDI KASUS REKENING PDAM TIRTAWENING KOTA BANDUNG

ARIF DWI PURWANTO, 143040277 and Ayi Purbasari, DS and Ade Sukendar, DS (2016) STUDI DAN IMPLEMENTASI PEMBAYARAN PPOB (PAYMENT POINT ONLINE BANK) STUDI KASUS REKENING PDAM TIRTAWENING KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
COVER.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Studi dalam pengumpulan data dan penjelasan terkait PPOB (Payment Point Online Bank) dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses yang terjadi dalam sistem PPOB dan siapa saja yang berhubungan sesuai fokus pada tugas akhir ini yang berfokus pada proses pembayaran dan pembuatan laporan tansaksi di loket PPOB itu sendiri. Dengan melakukan eksplorasi dan pencarian referensi dari buku, jurnal, dan artikel terkait. Sistem PPOB ini sendiri dibuat sesuai konsep yang didapat dari hasil studi, dan dalam implementasinya mengambil kasus pada pembayaran rekening tagihan PDAM Tirtawening Kota Bandung. Adapun prosedur yang diproses oleh sistem terdiri dari pengambilan data tagihan pelanggan dari sistem PDAM, pembayaran tagihan rekening, dan pembuatan laporan rekonsiliasi sebagai laporan transaksi yang diserahkan kepada PDAM Kota Tirtawening berdasarkan transaksi pembayaran tagihan PDAM yang terjadi di loket sistem PPOB yang dibangun. Sistem PPOB ini mengadopsi standar format ISO-8583 dalam pelaksanaannya, karena standar tersebut sudah digunakan oleh dunia perbankan dalam transaksi finansialnya. Sehingga diharapkan akan memiliki kualitas yang sama dengan sistem yang digunakan pada perbankan. Dan dengan standar tersebut maka sistem akan dapat terhubung dengan sistem yang berbeda platform sehingga akan fleksibel jika kedepannya akan ada penambahan yang dalam prosesnya melibatkan platform yang berbeda dengan yang saat ini digunakan dalam pengembangan sistem. Sistem ini diharapkan dapat memudahkan pelanggan PDAM Tirtawening Kota Bandung dalam pembayaran tagihan rekening PDAM mereka dan banyak pelanggan yang dapat dengan mudah untuk membayarkan tagihan PDAM sehingga akan dapat menguntungkan pihak PDAM dengan banyaknya pelanggan yang membayar dan pelanggan sendiri dalam hal kemudahan pembayaran tagihan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:02
Last Modified: 03 Sep 2016 15:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9984

Actions (login required)

View Item View Item