PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SM K

REVALDIE SEPTIAN, 1 2 50500 90 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SM K. Thesis(S2) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (334kB)

Abstract

Revaldie Septian , Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching t erhadap Kemampuan Pem a ha ma n Konsep Matemati s Siswa SM K . Matematika merupakan mata pelajaran yang didalamnya memuat fakta, operasi, konsep dan prinsip. Sehingga untuk mempelajari matematika dibutuhkan kemampuan pemahaman konsep yang baik. Namun kenyataannya kemampuan pemahaman konsep siswa masih rendah, hal ini dibuktikan masih banyak nya siswa yang tidak bisa menyelesaikan soal matematika bahkan bagian yang sederhanapun tidak dipahaminya. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat men ingkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis adalah model pembelajaran Reciprocal Teaching . T ujuan penelitian ini adalah 1) u ntuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning ; 2) u ntuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching ; 3) u ntuk mengetahui korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan sikap siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK MVP ARS Internasional Bandung tahun ajaran 2015/2016 . Dan s ampel diambil sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen penelitian y ang digunakan berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan pem ahaman konsep matematis dan angket skala sikap. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t . Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpu lan : 1) k emampuan pemahaman konsep matematis siswa yang me mperoleh model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang me mperoleh pembelajaran Problem Based Learning ; 2) s iswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching ; 3) t erdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dengan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching . Kata K unci : Reciprocal Teaching , Problem Based Learning , Pe mahaman Konsep Matematis .

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Sep 2016 14:41
Last Modified: 02 Sep 2016 14:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9980

Actions (login required)

View Item View Item