PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

DYAS DAMAYANTI, 125060001 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover Skripsi dyas damayanti.doc

Download (175kB)
[img] Text
6. ABSTRAK dyas damayanti.doc

Download (92kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I.docx

Download (78kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II.docx

Download (90kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (49kB)

Abstract

Aktivitas belajar merupakan segala kegiatan yang dilakukan dalam proses interaksi antara guru dan murid dalam rangka mencapai tujuan belajar. Aktivitas yang dimaksud disini penekanannya adalah pada minat belajar dan hasil belajar siswa. Adapun permasalahan yang terjadi diantaranya keadaan siswa yang kurang menunjukkan minat belajar di dalam proses dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM, siswa masih banyak yang ribut di kelas, selain itu guru hanya menggunakan buku paket sebagai sumber atau media pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Cimincrang Kota Bandung. Model Cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat dijadikan salah satu cara untuk mendeskripsikan perencanaan, menyusun langkah pelaksanaan pembelajaran IPS, memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cimincrang. Berdasarkan dengan rumusan masalah dan identifikasi masalah bahwa siswa tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan kognitif saja akan tetapi afektif dan psikomotornya juga harus dimiliki. Untuk itu dalam penelitian ini peneliti bermaksud ingin meningkatkan minat dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD). Berdasarkan pembahasan, ditarik kesimpulan bahwa menerapkan model Cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) minat belajar dan hasil belajar siswa meningkat. Pada penilaian hasil belajar (pretes dan postes) nilai rata-rata siklus I yaitu 54,8 sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata 92. Pada penilaian kelompok nilai rata-rata siklus I yaitu 74 sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata 99. Nilai hasil belajar LKPD nilai rata-rata siklus I jika dipersentase 64% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu mencapai nilai rata-rata jika dipersentase 92 %. Kata kunci:,cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) minat, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Sep 2016 18:45
Last Modified: 01 Sep 2016 18:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9945

Actions (login required)

View Item View Item