125020003, DUDI SATRIAWAN (2016) PENGARUH IKLIM KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA PASUNDAN 2 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (244kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Pasundan 2 Bandung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) gambaran umum tentang iklim kelas. (2) gambaran umum tentang motivasi belajar siswa, (3) pengaruh iklim kelas terhadap motivasi belajar siswa, Metode penelitian yang dipergunakan adalah asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, angket, dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, korelasi, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien korelasi. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa iklim kelas berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa senilai 0,788 dalam derajat kepercayaan 78,8 % dan korelasi antara variabel dependent (X) dan variable independent(Y) sebesar 0,756 itu berarti korelasi tersebut sangat kuat, arti H1 dapat diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif iklim kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Pasundan 2 Bandung, hal ini dibuktikan dengan R Square sebesar 0,571 yang berarti pengaruh iklim kelas sebesar 57,1% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Diantaranya faktor intrinsik berupa hasrat, keinginan berhasil, dorongan kebutuhan belajar, harapan akan cita-cita dan faktor ekstrinsik berupa lingkungan keluarga. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada (1) para guru ekonomi sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan siswa yang memiliki sikap mudah putus asa perlu diberikan penghargaan-penghargaan untuk meningkatkan motivasi belajarnya. (2) Bagi siswa sebaiknya perbanyak mencari sumber materi di internet atau buku referinsi yang ada diperpustakaan sekolah dan berdiskusi bersama teman-teman. Kata kunci: Iklim Kelas, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 17:12 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 17:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9898 |
Actions (login required)
View Item |