PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SEKELIMUS

AMILA, 125060084 (2016) PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SEKELIMUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.docx

Download (136kB)
[img] Text
6. ABSTRAK 3 BAHASA.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (94kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan di lapangan bahwa proses pembelajaran IPS disekolah dasar menunjukkan adanya gejala-gejala tentang, kurangnya aktivitas atau keaktifan siswa dalam mempelajari pelajaran IPS. Selain dari kurangnya aktivitas siswa terhadap pembelajaran IPS, siswapun kurang memahami pelajaran IPS yang akan dipelajarinya. Ketidak pahaman tentang pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi diketahui bahwa faktor penyebabnya adalah faktor dari siswa sendiri dan faktor dari guru kelas, diantaranya adalah 1) siswa cenderung kurang aktif, 2) hasil evaluasi menunjukkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi perkembangan teknologi, sehingga nilai evaluasi awalnya rendah, nilai siswa yang tuntas 24% dan yang tidak tuntas 76%, dengan rata-rata nilai 56,2. Dalam pelaksanaan penelitian dilakukan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dimana subjeknya yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, lembar kerja siswa (LKS), dan tes berupa pretest dan posttest serta angket respon siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model contextual teaching learning pada materi perkembangan teknologi di kelas IV SDN Sekelimus Kecamatan Bandung Kidul Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model contextual teaching learning pada materi perkembangan teknologi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata aktivitas siswa dalam proses pembelajaran 60,75%. Pada siklus II rata-rata aktivitas siswa dalam proses pembelajaran adalah 82% yang berarti telah mencapai harapan peneliti yaitu sebesar 80%. Hal ini juga berpengaruh pada ketuntasan siswa setelah proses pembelajaran. Pada siklus I siswa yang telah tuntas mencapai KKM sebanyak 17 orang atau 68%, sedangkan siklus II mengalami peningkatan sebanyak 22 orang atau 88%. Sehingga siswa menjadi lebih aktif, berani untuk bertanya, dan mengeluarkan pendapatnya dan pembelajaranpun menjadi lebih menyenangkan dan efesien. Kata kunci: Contextual Teaching Learning, perkembangan teknologi, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Sep 2016 15:18
Last Modified: 01 Sep 2016 15:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9830

Actions (login required)

View Item View Item