UPAYA MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LERNING (PBL)

Dzikra Husnul Fauziah, 125060304 (2016) UPAYA MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LERNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.doc

Download (30kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (342kB)
[img] Text
BAB 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
BAB 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah social dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Gumuruh 02 dan di latar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan sikap peduli social dalam memecahkan masalah secara berkelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena banyaknya guru senior yang kurang menguasai model pembelajaran sehingga sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran problem based learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu pengajuan permasalahan, menganalisis permasalahan, mendiskusikan permasalahan, alternative pemecahan, laporan dan presentasi hasil, menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian siswa dalam memecahkan masalah social secara berkelompok dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru selama proses pembelajaran. dan teknik non tes dalam sikap peduli social, rasa ingin tahu dan teliti. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian siswa dalam memecahkan masalah sosial secara berkelompok dan hasil tes belajar. Pada penilaian siswa dalam memecahkan masalah social secara berkelompok nilai rata-rata siklus 1 yaitu 86,8 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 90. Dan pada Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 74, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 80,5. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat memecahkan masalah social dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di kelas IV SDN Gumuruh 02. Dengan demikian, penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: problem based learning, pemecahan masalah sosial, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Sep 2016 14:01
Last Modified: 01 Sep 2016 14:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9788

Actions (login required)

View Item View Item