PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS III SDN LEUWI PANJANG

ERNA MARDIANA, 125060275 (2016) PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS III SDN LEUWI PANJANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (52kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)
[img] Text
BAB V revisi - edit.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (116kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Leuwipanjang, dilator belakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan yaitu sikap peduli hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan guru masih menggunakan metode ceramah atau teacher center kurang adanya inovasi dalam model pembelajaran khususnya model inkuiri terbimbing. Kurang adanya inovasi dalam model pembelajaran khususnya model inkuiri terbimbing. Maka peneliti mencoba menerapkan model inkuiri terbimbing pada kelas III SDN leuwipanjang. Setelah diterapkannya model inkuiri terbimbing, hasil belajar meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase ketunatasan belajar siswa. Pada siklus I, nilai rata- rata hasil belajar 44%. Pada siklus II nilai rata- rata kelas meningkat menjadi 87%. Guru pun menemukan hambatan- hambatan dalam proses pembelajarannya yang lebih baik hambatan tersebut berasal dari guru, siswa dan lingkungan sekolah, adapun hambatannya adalah guru belum bisa menerapkan langkah- langkah model inkuiri terbimbing pada semua mata pelajaran, guru belum bisa mengefektifkan waktu sebaik mungkin, sekolah belum mempunyai sarana dan prasarana yang lengkap yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing. Dalam hal ini kemampuan siswa dalam berfikir dapat diukur dengan sejauh mana mereka dapat memahami materi yang akan ia kembangkan dan memceritakannya kepada teman- temannya.Upaya yang dapat dilakukan oleh guru yaitu mempersiapkan perencanaan yang baik, dan harus dapat mengkondisikan kelas atau mengelola kelas dengan baik, guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mengemas media pembelajaran yang menarik bagi siswa, agar sikap peduli siswa terhadap pembelajaran dapat meningkat. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Sikap Peduli, Hasil Belajar, Hambatan Penelitian, Upaya Peningkatan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Sep 2016 13:19
Last Modified: 01 Sep 2016 13:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9735

Actions (login required)

View Item View Item