PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TENTANG MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT

ENENG WIKE YULIANTI, 125060095 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TENTANG MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.docx

Download (30kB)
[img] Text
7 ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
bab I fix.docx

Download (73kB)
[img] Text
bab II fix.docx

Download (64kB)
[img] Text
bab III Fix.docx
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
BAB IV FIX.docx
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
bab V fix.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA keseluruhan.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi masalah sosial di lingkungan setempat pada siswa kelas IV SDN Cipada 01 dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Cipada 01 Kabupaten Bandung. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian sebanyak 41 orang yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Target penelitian dinyatakan berhasil apabila 80% dari jumlah siswa mendapat kategori sangat baik untuk motivasi belajar yang ditunjukkan dan 80% dari jumlah siswa mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 70. Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai bahkan melebihi target penelitian yang ditetapkan. Pada siklus 1 motivasi belajar siswa mencapai 55,5% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 88,8%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Pada siklus I persentase siswa yang tuntas sebesar 63,41% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 87,80%. Dari hasil observasi di setiap siklusnya, siswa menunjukkan hasil yang positif terhadap pembelajaran IPS dengan menerapkan model PBL, karena model PBL ini berpusat pada siswa dimana siswa dapat mengembangkan pengetahuan berpikir yang telah mereka miliki maupun pengetahuan baru untuk memahami masalah dalam kehidupan nyata yang diaplikasikan dengan pembelajaran yang berlangsung. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi masalah sosial di lingkungan setempat dikelas IV SDN Cipada 01Kabupaten Bandung. Kata Kunci: Problem Based Learning, motivasi belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Sep 2016 13:11
Last Modified: 01 Sep 2016 13:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9734

Actions (login required)

View Item View Item