PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KEGIATAN EKONOMI PADA MATA PELAJARAN IPS

ELIS LISNAWATI, 125060060 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KEGIATAN EKONOMI PADA MATA PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1 SAMPUL ELIS.docx

Download (31kB)
[img] Text
7 ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB V PERSEN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SDN Ciduging dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation. Model Group Investigation ini lebih menekankan kepada “partisipasi dan aktivitas siswa”, sehingga siswa bisa lebih berminat untuk belajar. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Ciduging Kabupaten Sumedang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian sebanyak 17 orang yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Target penelitian dinyatakan berhasil apabila 80% dari jumlah siswa mendapat kategori sangat baik untuk pemahaman konsep yang ditunjukkan dan 80% dari jumlah siswa mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 65. Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai bahkan melebihi target penelitian yang ditetapkan. Pada siklus 1 minat belajar siswa mencapai 65,10% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 80%%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Pada siklus I persentase siswa yang tuntas sebesar 66,47% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 82,35%. Dari hasil observasi di setiap siklusnya, siswa menunjukkan hasil yang positif terhadap pembelajaran IPS dengan menerapkan model Group Investigation, karena penggunaan model ini menitikberatkan kepada keaktifan siswa (student centered) sebagai subjek untuk mencari dan menemukan informasi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi di kelas IV SDN Ciduging Kabupaten Sumedang. Kata Kunci: model Pembelajaran Group Investigation, minat belajar, hasil belajar, pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Sep 2016 12:53
Last Modified: 01 Sep 2016 12:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9732

Actions (login required)

View Item View Item