UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ATURAN KESELAMATAN DI PERJALANAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

YUNITA RIDA PRATIWI, 125060081 (2016) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ATURAN KESELAMATAN DI PERJALANAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER & ABSTRAK.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan setelah melihat permasalahan atau fakta yang terjadi dilapangan pada proses pembelajaran terdapat berbagai masalah yaitu nampak siswa pasif, keadaan kelas kurang kondusif dikarenakan model yang diterapkan guru masih bersifat teacher centered, guru belum menggunakan media yang tepat pada proses pembelajaran, sikap tanggung jawab siswa kurang terlihat hal ini terbukti dari hasil pengamatan yaitu siswa sering tidak membuat PR (pekerjaan rumah) dan tugas yang telah diberikan oleh guru, hasil belajar siswa masih sangat rendah. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut penulis berupaya memperbaiki proses pembelajaran dengan meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar siswa kelas II SDN Asmi subtema aturan keselamatan di perjalanan melalui model Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning sikap tanggung jawab dan hasil belajar siswa meningkat pada subtema aturan keselamatan di perjalanan, peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase observasi sikap tanggung jawab siswa pada siklus I diperoleh data sebanyak 68% atau 17 siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan kemudian pada siklus II terlihat sebanyak 92% atau 23 siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase siswa yang dinyatakan tuntas sebesar 68% atau 17 siswa. Kemudian setelah dilaksanakan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini bisa dilihat pada persentase hasil belajar siswa siklus II sebesar 88% atau 22 siswa dinyatakan tuntas. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar siswa pada subtema aturan keselamatan di perjalanan di kelas II SDN Asmi Kecamatan Regol Kota Bandung tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci: Sikap Tanggung Jawab Hasil Belajar dan Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Sep 2016 12:41
Last Modified: 01 Sep 2016 12:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9730

Actions (login required)

View Item View Item