PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI TEKNOLOGI TRANSPORTASI

LISNA WINARNI, 125060145 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI TEKNOLOGI TRANSPORTASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (108kB)
[img] Text
abstrak indo.docx

Download (15kB)
[img] Text
Abstract_Lisna.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB II BARU.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB III baruuuu.docx
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV BARUUUUU.docx
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas IV terhadap pembelajaran IPS pada materi teknologi transportasi yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar menunjukkan peningkatan di setiap tes. Hasil postes siklus I menunjukkan dari hasil belajar berjumlah sebesar 36%. Hasil postes siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 100%, terjadi peningkatan sebesar 64% dari hasil postes siklus I. Sedangkan untuk hasil penilaian rasa ingin tahu siswa yang menyatakan dirinya aktif dalam belajar pada siklus I yaitu 54,5%. Pada siklus II 100% siswa menyatakan dirinya berperan aktif dalam belajar. Artinya adanya peningkatan rasa ingin tahu yang dirasakan oleh siswa sendiri setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajan Inkuiri. Sementara aktivitas siswa terhadap pembelajaran terlihat efektif, hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dengan diskusi dalam proses pembelajaran, siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif, siswa bersemangat dan merasa senang dalam pembelajaran dan mampu menguasai kelas. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian adalah peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa dari hasil postes siklus I dan postes siklus II menunjukan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan postes siklus II menunjukkan siswa yang mencapai KKM sebanyak 100%, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis yaitu 80%, Penelitian ini dapat direkomendasikan sebagai bahan pertimbangan bagi peneliti selanjutnya. Kata Kunci: Inkuiri, rasa ingin tahu, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Aug 2016 18:21
Last Modified: 31 Aug 2016 18:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9723

Actions (login required)

View Item View Item