ANALISIS STICKY COST DAN PENGARUHNYA TERHADAP PREDIKSI LABA MENGGUNAKAN MODEL COST VARIABILITY DAN COST STICKINESS (CVCS) (Suatu Studi pada Emiten di BEI untuk Industri Manufaktur)

Ardyto Monotov, 094020113 (2015) ANALISIS STICKY COST DAN PENGARUHNYA TERHADAP PREDIKSI LABA MENGGUNAKAN MODEL COST VARIABILITY DAN COST STICKINESS (CVCS) (Suatu Studi pada Emiten di BEI untuk Industri Manufaktur). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perusahaan yang memiliki perilaku sticky cost yang tinggi akan memperlihatkan penurunan laba yang besar ketika level aktivitas menurun dibandingkan dengan perusahaan yang sticky cost-nya lebih kecil, hal ini dikarenakan kos yang lebih sticky dihasilkan dari penyesuaian kos yang lebih sedikit ketika level aktivitas menurun, karena itu penghematan kos lebih sedikit. Asumsi mendasar dalam akuntansi biaya adalah bahwa hubungan antara biaya dan volume akan simetris saat mengalami peningkatan atau penurunan. Dalam penelitian ini peneliti menyelidiki biaya yang dikatakan “sticky”. Biaya dikatakan sticky bila kenaikan biaya saat volume meningkat dan saat biaya dan volume menurun dengan jumlah yang setara. Regresi data panel merupakan metode regresi yang digunakan dalam penelitian ini. Regresi data panel adalah merupakan gabungan antara data berkala (time series) dan data individual (cross section). Data panel juga biasa disebut data terkelompok (pooled data). Dalam penelitian ini peneliti menemukan harga pokok penjualan dari 18 perusahaan selama 3 tahun mengalami peningkatan biaya rata-rata sebesar 1.024757 % per 1 % peningkatan penjualan. Dan mengalami penurunan biaya sebesar 0.989775 % per 1 % penurunan penjualan. Begitu juga kos pemasaran administrasi dan umum mengalami peningkatan 0.976371 % per 1 % peningkatan penjualan dan .96273 % per penurunan penjualan. Dalam penelitian ini juga peneliti meneliti pengaruh prilaku “asymmetric cost” dalam memprediksi laba dengan menggunakan model cost variability dan cost stickiness (CVCS). Peneliti mengklasifikasikan 12 perusahaan yang memiliki prilaku sticky dan 6 perusahaan yang memiliki prilaku anti-sticky dari 18 perusahaan. Dari penelitian ini juga mengindifikasikan perilaku sticky mengurangi keakuratan laba sebesar 44,81 %. Kata kunci : Sticky Cost, Earning Forecast, Asymmetric Cost Behavi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2009
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 21 Mar 2016 02:24
Last Modified: 21 Mar 2016 02:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/970

Actions (login required)

View Item View Item