PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIKA PADA SISWA SMP

MOCHAMAD IZUDIN, NPM. 138060027 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIKA PADA SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Abstrak dll.docx

Download (41kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB Ifix.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB IIfix.docx

Download (45kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa mengenai model pembelajaran yang masih konvensional yang menjadikan siswa kurang aktif dan kreatif. Dalam hal ini peneliti ingin menghubungkan masalah model pembelajaran dengan peningkatan komunikasi dan koneksi matematis serta respon pada siswa SMP Negeri 2 Bojong Kab. Purwakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis metode eksperimen. Data siswa diperoleh dari data semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Dalam eksperimen ini peneliti menggunakan model quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bojong yaitu kelas VIII.C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Setiap kelas terbagi kedalam tiga kemampuan awal matematika yang berbeda, yaitu siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap rataan gain ternormalisasi dan data sikap siswa antara kedua kelompok sampel dengan menggunakan Uji ANOVA Dua Jalur.. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran guided discovery dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan koneksi matematis siswa, demikian juga dilihat dari kategori kemampuan awal matematika siswa. Selain itu, respon siswa terhadap pelajaran matematika model pembelajaran guided discovery menujukan respon yang positif. Kata Kunci : guided discovery,komunikasi dan koneksi matematika.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 29 Aug 2016 14:32
Last Modified: 29 Aug 2016 14:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9571

Actions (login required)

View Item View Item