IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DAN KNISLEY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA SMP

SITI DWI RAHAYU SEPTIANI, NPM. 138060033 (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DAN KNISLEY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
_ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
_DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
_BAB I dan II.docx

Download (58kB)

Abstract

Sebagian besar siswa tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, salah satu akibat dari proses pembelajaran yang kurang memperhatikan kemampuan matematis yang dimiliki siswa salah satunya yaitu kemampuan koneksi matematis. Berdasarkan kenyataan di atas, maka diperlukan penggunakan strategi atau pendekatan, dan perencanaaan pembelajaran. Untuk itu, salah satu pendekatan yang dapat menopang peserta didik untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis adalah dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), karena prinsip pembelajaran kontekstual adalah mendorong siswa untuk mengaitkan materi yang dipelajari dengan pengetahuan yang dimiliki dan pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapat pembelajaran CTL lebih baik dari pada kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, mengetahui bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran CTL lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensiona, serta mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model CTL. Metoda penelitian yang digunakan adalah metoda eksperimen dan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cileunyi Kab Bandung. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapat pembelajaran CTL lebih baik dari pada kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. peningkatn koneksi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran CTL lebih baik dari hasil belajar siswa dan sikap siswa mengalami peningkatan karena semua siswa merasa dihargai dan dapat ikut andil dalam mempertahankan nama baik kelompoknya meskipun nilai mereka tidak 100 yang penting dalam setiap tes ada peningkatan, sehingga siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran kooperatif tipe CTL. Kata kunci: Kemampuan koneksi matematis dan Contextual Teaching and Learning (CTL)

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 25 Aug 2016 17:32
Last Modified: 25 Aug 2016 17:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9550

Actions (login required)

View Item View Item