YANEU SOFA SRI SUSANTI, NPM. 128612033 (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
ABSTRAK.docx Download (0B) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA TESIS UMI.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB I Tesis Umi.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB II Tesis Umi.docx Download (28kB) |
Abstract
Kemampuan Komunikasi dan pemecahan masalah matematis merupakan aspek yang sangat penting dalam belajar matematika. Rendahnya Kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa akan mempengaruhi kualitas belajarnya dan berdampak pada rendahnya prestasi siswa di sekolah, bahkan bisa membuat siswa semakin menjauh dari matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menyikapi rendahnya kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis ini adalah dengan memilih model pembelajaran yang efektif dan membentuk kemandirian siswa dalam belajar secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kemampuan komunikasi dan Pemecahan Masalah siswa kelas XI IPA SMA melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching. Selain itu, penelitian ini pun bertujuan untuk mengetahui sikap siswa terhadap model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini berbentuk quasi eksperimen dengan tempat penelitian di SMAN 1 Pamanukan Kabupaten Subang, dengan sampel adalah siswa 2 kelas diantara 6 kelas yang ada di kelas XI IPA yang diambil secara acak. Dalam penelitian ini digunakan seperangkat instrumen komunikasi dan Pemecahan Masalah matematis, dan angket skala sikap. Penelitian ini menemukan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching berhasil meningkatkan kemampuan komunikasi dan Pemacahan Masalah matematis siswa, untuk level siswa yang berkemampuan Tinggi, sedang dan bawah . Pada umumnya siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan model Pembelajaran Reciprocal Teaching. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran kepada rekan guru matematika agar berusaha untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematik siswanya, serta menentukan metode pembelajaran yang tepat untuk setiap materi. Bagi peneliti, penulis menyarankan untuk mengkaji korelasi antara sikap dan peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematik siswa. Kata Kunci : Pembelajaran Reciprocal Teaching, Komunikasi Matematika dan Pemacahan Masalah
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | S2-Thesis |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2014 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 15:13 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 15:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9546 |
Actions (login required)
View Item |