PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KECEMASAN MATEMATKA

NURUL LATIFATUL AZHAR AL-BURHANI, NPM. 138060024 (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KECEMASAN MATEMATKA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (70kB)

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep siswa pada suatu materi dapat menjadi awal siswa kehilangan minat belajar karena kesulitan dalam menyelesaikan masalah. Jika hal ini dibiarkan maka siswa akan berpikir bahwa pembelajaran menjadi sia-sia, sebagai akibatnya akan muncul perasaan tidak nyaman, cemas, gelisah, jenuh dan merasa tidak mampu menyelesaikan permasalahan matematika yang diberikan. Perasaan tersebut yang disebut sebagai kecemasan matematika atau Matematics Anxiety. Kecemasan merupakan bagian dari kehidupan manusia sehari-hari dan gejala yang normal. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah: (1) Menganalisis peningkatan pemahaman konsep siswa yang mendapat pembelajaran problem based learning dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (2) Menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep yang signifikan antara siswa dengan tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah, (3) Menganalisis kecemasan siswa yang mendapat pembelajaran problem based learning dan daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (4) Menganalisis kecemasan siswa yang mendapat pembelajaran problem based learning lebih rendah daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional ditinjau dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah dan (5) Menganalisis factor-faktor apa saja yang mempengaruhi kecemasan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode penyisip (The Embedded Design) dengan desain penelitian berbentuk kuasi-eksperimen. Dari hasil penelitian di peroleh bahwa (1) pemahaman konsep siswa yang mendapat pembelajaran problem based learning tidak lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (2) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep yang signifikan antara siswa dengan tingkat kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah, (3) kecemasan siswa yang mendapat pembelajaran problem based learning tidak lebih rendah daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (4) kecemasan siswa yang mendapat pembelajaran problem based learning lebih rendah daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional ditinjau dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah dan (5) faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan siswa diantaranya: (1) latar belakang keluarga, (2) pengalaman belajar sebelumnya, (3) guru yang mengajar, (4) materi pelajaran dan (5) diri siswa itu sendiri. Kata Kunci: Model Problem Based Learning Serta, Pemahaman Konsep dan Kecemasan Matematika

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 25 Aug 2016 14:32
Last Modified: 25 Aug 2016 14:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9542

Actions (login required)

View Item View Item