MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE TEAM GAME TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN IPS MENGENAI AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM

VINNY SELVIANI, 105060214 (2016) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE TEAM GAME TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN IPS MENGENAI AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.rtf

Download (738kB)
[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (46kB)
[img] Text
BAB I.rtf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (13MB)
[img] Text
BAB III.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (191MB)
[img] Text
BAB V.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)

Abstract

Mata Pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang berhubungan dengan social manusia, berhubungan dengan kehidupan nyata dan permasalahan yang benar-benar sedang terjadi. Mata pelajaran IPS SD berfungsi untuk mengembangkan pengetahuan nilai, sikap dan keterampilan siswa tentang masyarakat, bangsa dan Negara Indonesia. Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah berupa rendahnya keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Cijerah 6 mengenai aktivitas ekonomi dan sumber daya alam. Data awal hasil keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Cijerah 6 mengenai aktivitas ekonomi dan sumber daya alam menunjukkan tingkat keaktifan siswa rendah, ini ditunjukkan dari sikap siswa yang cenderung pasif dan kurang termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data pembelajaran dengan menggunakan model cooperative tipe Team Game Tournament (TGT) mengenai aktivitas ekonomi dan sumber daya alam dalam rangka meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Cijerah 6 Bandung, dengan jumlah peserta didik di kelas IV-B sebanyak 24 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan yang terdiri dari beberapa kegiatan, antara lain : perencanaan, pelaksanaan tindakan penelitian, hasil penelitian/observasi, analisis data dan refleksi. Keaktifan belajar siswa diukur dengan menggunakan observasi siswa yang dinilai dalam dua aspek yaitu aspek afektif dan aspek psikomotor. Standar penilaian didasarkan pada sikap dan perilaku siswa didalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Cijerah 6 Bandung mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Nilai keaktifan siswa dinilai dengan aspek afektif siklus 1 mendapatkan presentase 58,75% dan nilai keaktifan siswa dinilai dengan aspek psikomotor siklus I mendapatkan presentase 63,16%. Sedangkan nilai keaktifan siswa dinilai dengan aspek afektif siklus II mendapatkan presentase 79,86% dan nilai keaktifan siswa dinilai dengan aspek psikomotor siklus II mendapatkan presentase 85,16%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative tipe Team Game Tournament dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Cijerah 6 Bandung Kata Kunci : Keaktifan Belajar Siswa, IPS, Model cooperative tipe Team Game Tournament, aktivitas ekonomi dan sumber daya alam

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 23 Aug 2016 18:45
Last Modified: 23 Aug 2016 18:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9534

Actions (login required)

View Item View Item