PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN RASA INGIN TAHU SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

ISHAQ SYARIF HIDAYATULLOH, 115060192 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN RASA INGIN TAHU SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER ISAQ].doc

Download (57kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
Moto dan Persembahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (19kB)
[img] Text
Kata Pengan. dan Terima.docx
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
BAB I fiks.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB II fikss.docx

Download (93kB)
[img] Text
BAB III fiks.docx
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
BAB IV fiks.docx
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB V fiks.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini berisi tentang Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Menumbuhkan Sikap Percaya Diri dan Meningkatkan hasil belajar Siswa kelas IV SD Negeri Muararajeun Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung. Pembelajaran IPA pada materi daur hidup hewan. Kondisi yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah metode yang di gunakan guru dalam pembelajaran adalah metode ceramah dan tidak menggunakan model pembelajaran. Sementara pembelajaran ini hanya berpusat kepada guru (Teacher Centered) tanpa melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga sikap percaya diri siswa dalam pembelajaran tidak tumbuh sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Pada data tersebut model pembelajaran Problem Based Learning berguna untuk meningkatkan sikap percaya diri, kerjasama dan hasil belajar. Metode Penelitian Tindakan Kelas ini mengacu mengacu pada model yang dikembangkan oleh kemmis dan MC Taggart (Arikunto, 2008:105). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes, observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dan pada setiap Siklusnya adalah tiga kali pertemuan. secara keseluruhan telah menunjukan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu : Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, observasi dan refleksi. Dari hasil Penelitian Tindakan kelas yang telah dilakukan di peroleh gambaran bahwa sikap, kerjasama dan hasil belajar mengalami peningkatan dibanding dengan sebelum diterapkannya model Problem Based Learning ini terbukti dari peningkatan sikap, kerjasama dan hasil belajar yang di peroleh. Pada penilaian Siklus 1 Secara keseluruhan sebesar 68% dan pada siklus 2 sebesar 78%. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Sikap Percaya Diri, Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 16 Aug 2016 18:18
Last Modified: 16 Aug 2016 18:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9448

Actions (login required)

View Item View Item