PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA

Sriyani, 115060152 (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (56kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, UCAPAN TERIMAKASIH, ABSTRAK, DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
BAB I-V DAN DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dalam pembelajaran IPA pokok bahasan struktur bagian tumbuhan dan fungsinya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sukra III Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu yang tidak menggunakan model pembelajaran yang variatif sehingga siswa menjadi pasif dan hasil belajarnya masih banyak yang belum mencapai KKM mata pelajaran IPA yaitu 60. Sehingga perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan penggunaan model Cooperative Learning tipe STAD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes digunakan untuk mengetahui kerjasama dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peningkatan sikap kerjasama dan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal pretes dan postes dari pra siklus, siklus I sampai siklus II, yaitu pada pra siklus diperoleh hasil kerjasama siswa sebesar 35%, sedangkan hasil pretes diperoleh hasil sebesar 15% yang memenuhi KKM. Pada siklus I kerjasama siswa yang memperoleh kriteria tercapai meningkat sebesar 55% sedangkan hasil belajar siswa meningkat sebesar 30% memenuhi KKM. Kemudian pada siklus II diperoleh hasil kerjamasa siswa meningkat sebesar 85% dan hasil belajar siswa meningkat sebesar 90% yang memenuhi KKM. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan struktur bagian tumbuhan dan fungsinya di kelas IV SDN Sukra III Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu. Dengan demikian model Cooperative Learning Tipe STAD dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA. Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe STAD, Kerjasama, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 16 Aug 2016 16:58
Last Modified: 16 Aug 2016 16:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9444

Actions (login required)

View Item View Item