PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI MACAM-MACAM SUMBER DAYA ALAM

MEDAYANTI, 115060023 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI MACAM-MACAM SUMBER DAYA ALAM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (44kB)
[img] Text
1. LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
2. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
5. ABSTRAK indonesia dan inggris.docx

Download (20kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORI.docx

Download (160kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.docx

Download (23kB)
[img] Text
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)

Abstract

Dalam praktek pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV SD Negeri Kebon Gedang 2 Kecamatan Batununggal, kemampuan siswa dalam materi macam-macam sumber daya alam belum sesuai dengan apa yang di inginkan, masalah tersebut karena siswa kurang termotivasi untuk belajar, sehingga siswa tidak menguasai pelajaran secara optimal. Disamping itu, model pembelajaran yang di kembangkan masih belum mampu mengkondisikan kemampuan siswa untuk mengembangkan pengetahuannya secara mandiri. Untuk mengatasi masalah tersebut maka digunakan model pembelajaran Contectual Teaching and Learning (CTL). Penelitian yang digunakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dan instrumen yang digunakan adalah pretes, lembar evaluasi, lembar kerja siswa, lembar wawancara, postes, dan lembar observasi. Berdasarkan pengamatan dari analisis data yang ada, dapat dilihat adanya peningkatan terhadap materi macam-macam sumber daya alam melalui model pembelajaran Contectual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas IV B SD Negeri Kebon Gedang 2 Kecamatan Batununggal Kota Bandung. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata siswa hanya 28,57% sedangkan pada ketuntasan yaitu 85% atau hanya 6 orang yang tuntas. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 69,04, sedangkan pada nilai ketuntasannya mengalami peningkatan sebesar 66,67% atau sebanyak 14 orang siswa yang telah tuntas. Kemudian di siklus ke-II semua capaian nilai peserta didik telah mengalami peningkatan yang signifikan yaitu nilai rata-rata 90,48% atau sebanyak 19 orang siswa yang telah mengalami ketuntasan. Kata kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 16 Aug 2016 15:05
Last Modified: 16 Aug 2016 15:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9406

Actions (login required)

View Item View Item