PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK

SITI RIKA NURHAYATI, 095060114 (2016) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (62kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (536kB)
[img] Text
bab III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VA di SD Mathla’ul Khoeriyah masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya proses pembelajaran yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui penerapan Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa kelas VA SD Mathla’ul Khoeriyah. Pengambilan data dilakukan melalui observasi dan angket. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila 80% peserta didik kemampuan berpikir kritisnya mencapai skor nilai ≥ 13. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VA dalam pembelajaran tematik di SD Mathla’ul Khoeriyah. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase kemampuan berpikir kritis setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan ke-1 kemampuan berpikir kritis peserta didik mencapai 66,67%, sedangkan pada pertemuan ke-2 siklus I mencapai 70%. Pada siklus II kemampuan berpikir kritis peserta didik mencapai presentase 83,33%. Dengan demikian, persentase kemampuan berpikir kritis siswa telah melampaui kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 80%. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 16 Aug 2016 13:01
Last Modified: 16 Aug 2016 13:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9310

Actions (login required)

View Item View Item