PENGGUNAAN METODE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN IPS SD TENTANG SEJARAH PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA

Indriani Putri Pinanggih, AP, 115060069 (2016) PENGGUNAAN METODE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN IPS SD TENTANG SEJARAH PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan menggunakan metode Inside-Outside Circle ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran IPS SD tentang sejarah perjuangan melawan penjajahan Belanda. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan dan kemampuan pemahaman terhadap metode pembelajaran di SDN Linggabudi Kota Cimahi melalui metode Inside-Outside Circle. Karena dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah atau teacher centered yang bersifat konvensional membuat keaktifan siswa menjadi rendah.Hal tersebut dapat didasari karena kurang pahamnya siswa dalam pembelajaran karena menggunakan metode ceramah. Desain penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus, dengan ketentuan satu siklus dua kali tindakan. Setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap proses pelaksanaan metode pembelajaran dan hasil belajar siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu penggunaan metode Inside-Outside Circle tentang sejarah perjuangan melawan penjajahan Belanda yang telah dilaksanakan di kelas V SDN Linggabudi Kota Cimahi terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran IPS SD. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 23,08% dan pada siklus II 88% Tuntas dari KKM. Kata Kunci : Inside-Outside Circle, pemahaman pembelajaran, IPS SD The Research using inside outside circle methode to improve understanding of IPS in Primary School learning about the history of the strunggle against Dutch colonialism. The purpose of this study is to describe the planning and comprehension abilities in Linggabudi Primary School Cimahi city through inside outside circle methods. Because the background by learning who still uses a teacher centered which is conventional method make student activity to be low. It can be constituted as less understanding of student in learning because it uses the lecture method. This study design using classroom action research model Kemmis and Teggart consisting of two cycles, with the provisions of one cycle twice the action. Each cycle includes the stages of planning, action, observation and reflection. The result showed an increase on the implementation process of learning methods and student learning outcomes. The conclusions that can be drawn from this study is the use of inside outside circle method about the history of the strunggle against Dutch colonialism that has been carried out in grade V Linggabudi Primary School in Cimahi city proven effective in improving the understanding of learning IPS in primary school. Whereas student learning outcomes at Cycle I average of 23,08% and in cycle II 88% completion of a minimum completeness criteria. Keywords : Inside-Outside Circle, understandingof learning, IPS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2011
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Mar 2016 04:41
Last Modified: 19 Mar 2016 04:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/926

Actions (login required)

View Item View Item