UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DALAM KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA

RIZKI FAUZI, 075060013 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DALAM KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.doc

Download (62kB)
[img] Text
Abstrak isi dll.docx

Download (34kB)
[img] Text
Kata Isi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (56kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (64kB)
[img] Text
Bab 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
Bab 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
Bab 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
Daftar pustaka.docx

Download (46kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.doc
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Sumber Daya Alam Dalam Kegiatan Ekonomi Di Indonesia. Di lapangan menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran Pengetahuan Sosial rendah. Hal ini diduga, guru dalam melaksanakan pembelajaran, hanya menggunakan metode yang relatif mudah dilaksanakan misalnya metode ceramah, sehingga proses pembelajaran berlangsung monoton dan siswa kurang aktif. Melalui pembelajaran kontekstual diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri II Cihideung Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan Barat pada tahun 2012/2013 dengan sampel sebanyak 30 orang. Berangkat dari permasalahan tersebut di atas fokus penelitian yaitu memotivasi guru untuk meningkatkan kemampuan dalam menggunakan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran agar proses KBM lebih aktif, kreatif, dan mandiri sehingga dapat meningkat. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkesinambungan sehingga meningkatkan mutu hasil belajar, mengembangkan pola pikir siswa ke arah pemikiran kritis serta menumbuhkan hasil aktivitas untuk lebih giat dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari serta mengembangkan aktivitas dan kreativitas berfikir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kontekstual pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri II Cihideung Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan juga hasil wawancara dengan rekan-rekan guru bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan siswa secara optimal. Hal ini terbukti dari perolehan nilai setiap siklus mengalami peningkatan, siklus I nilai rata-rata 66,67 %, siklus II 85 %, dan siklus III 100 %. Adanya peningkatan hasil belajar dan aktifitas siswa tersebut menggambarkan keberhasilan suatu penelitian, Namun guru dituntut untuk lebih professional dalam menggunakan dan memilih metode mengajar, dan harus mampu menciptakan suasana belajar yang disenangi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Aug 2016 15:29
Last Modified: 15 Aug 2016 15:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9098

Actions (login required)

View Item View Item