PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ) PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV

SUBARTI, 115060006 (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ) PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.docx

Download (63kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
Motto dan Persembahan BARTI JADI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK BARTI.docx

Download (15kB)
[img] Text
Kata Pengantar.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMAKASIH BARTI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
BAB I, II, III, IV DAN V JADI.docx

Download (434kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA BARTI JADI.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada pembelajaran IPS yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Kelapa Kampit. Yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh guru Kurangnya kerjasama dalam diri siswa saat pembelajaran dan pembelajaran terpusat pada guru ( teacher center ) sehingga siswa cenderung pasif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divison) berguna untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas, yang rancangan metode penelitiannya mengacu pada metode yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart ( Arikunto,2008:105). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus, secara keseluruhan telah menunjukkan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Data yang diperoleh pada rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh persentase 86,25% dan pembelajaran pada siklus II memperoleh persentase 91,25%. Sedangkan untuk lembar observasi aktifitas/kegiatan guru pada pembelajaran siklus I memperoleh persentase 88,15% dan pembelajaran siklus II memperoleh persentase 93,25%. Lembar observasi aktifitas/kegiatan siswa pada pembelajaran siklus I memperoleh persentase 88,15% dan pembelajaran siklus II memperoleh persentase 90,75%. Adapun nilai hasil penelitian kerjasama siswa pada pembelajaran siklus I memperoleh persentase 60,04% dan pembelajaran pada siklus II memperoleh persentase 75,67%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa sesudah pembelajaran siklus I memperoleh persentase 59,50% dan pembelajaran pada siklus II memperoleh persentase 76,15%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Kelapa Kampit, Belitung Timur. Kata Kunci: Model Kooperatif tipe STAD, Kerjasama dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 13 Aug 2016 19:10
Last Modified: 13 Aug 2016 19:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8984

Actions (login required)

View Item View Item