ELIF KARYANA, 115060082 (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN GUMURUH 9 KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover skripsi.docx Download (26kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (12kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
BAB 1,II dan III.docx Download (111kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
Abstract
Dalam Proses pembelajaran matematika, masih cenderung bersifat konversional. Pembelajarannya cenderung didominasi oleh guru dan sedikit melibatkan siswa, sehingga siswa menjadi pasif, motivasi belajarnya rendah dan hasil belajar yang dibawah KKM, sedangkan usia anak sekolah dasar bersifat konkret. Sebagian besar siswa juga menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang membosankan dan amat sangat sulit dipahami. Berdasarkan hal tersbut, maka dibutuhkan pendekatan pembelajaran matematika yang membuat pembelajaran matematika berkaitan dengan sesuatu yang konkret bagi siswa sesuatu yang nyata dialami oleh siswa dan pendekatan penggunaan alat peraga sekiranya menjadi solusi yang ditawarkan pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Gumuruh 09 Kota Bandung dengan waktu penelitian dari tanggal 11-20Agustus 2015, dengan 2 siklus yang dimana setiap siklusnya 2 tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa lembar kerja kelompok dan soal tes evaluasi yang diolah dengan mencari persentase dan rata-rata. Lembar observasi digunakan untuk mengobservasi ketercapaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP), lembar aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Target penelitian dinyatakan berhasil, jika hasil tes evaluasi siswa mencapai 75% siswa mendapat nilai diatas KKM yaitu 65. Sedangkan aktivitas guru dan peserta didik mencapai 70% dengan skala baik. Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai target yang ditetapkan. Pada siklus I hasil belajar siswa 58%dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 86%.Ketercapaian Rpp 84% pada siklus I dan 93% siklus II. Aktivitas guru 85% pada siklus I mengalami peningkatan sebanyak 96% pada siklus II dan aktivitas siswa 83% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebanyak 93% pada siklusII.Berdasarkan hasil tersebut, maka dengan penerapan alat peraga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Alat Peraga, Motivasi belajar, Hasil belajar Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 13 Aug 2016 12:58 |
Last Modified: | 13 Aug 2016 12:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8833 |
Actions (login required)
View Item |