PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU

DICKY FAUZI, 105060006 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan peningkatan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning yang di latar belakangi oleh motivasi siswa dalam pembelajaran kurang. Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan pembelajaran yang dilakukan yang mengakibatkan kurangnya rasa percaya diri dan hasil belajar siswa di bawah KKM 2,66. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas akan memberikan kesempatan guru menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Subjek tindakan adalah siswa kelas IV B SDN Asmi Bandung yang berjumlah 39 orang. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, angket, tes, dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan hasil belajar yang berdampak langsung pada prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Asmi Bandung. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang menunjukkan adanya peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat sebanyak 54% dari hasil awal 17%. Pada siklus II data hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 88%. Hal ini dikarenakan penerapan model pembelajaran discovery learning akan membuat peserta didik menemukan sendiri kosep, ide, dan gagasan dalam pembelajaran. Model pembelajaran discovery learning dapat dijadikan suatu alternatif pemecahan masalah pembelajaran, karena model pembelajaran ini mengutamakan proses penemuan untuk memperoleh suatu pengetahuan dan memiliki tahap-tahap yang melatih kemampuan siswa baik pada ranah kognitif, afektif, maupun psikomotor. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Prestasi Belajar Siswa, Rasa Percaya Diri, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Aug 2016 18:31
Last Modified: 12 Aug 2016 18:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8741

Actions (login required)

View Item View Item