PENGARUH KEAKTIFAN DAN KETRAMPILAN PROSES SISWA MTs YANG BELAJAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK YANG DIMODERASI OLEH VARIABEL IKLIM KELAS

AHMAD HERI KHOLILURROHMAN, NPM. 138060056 (2015) PENGARUH KEAKTIFAN DAN KETRAMPILAN PROSES SISWA MTs YANG BELAJAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK YANG DIMODERASI OLEH VARIABEL IKLIM KELAS. Skripsi(S1) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (36kB)
[img] Text
2. Bab I Pendahuluan.docx

Download (146kB)
[img] Text
3. Bab II Kajian Pustaka.docx

Download (56kB)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengkajipengaruh keaktifan dan ketrampilan proses secara parsial dan bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman matematik siswa yang belajar dengan pendekatan kontekstual, dan mengkaji pengaruh iklim kelas terhadap hubungan antara keaktifan atau ketrampilan proses dengan kemampuan pemahaman matematik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatifkorelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Data penelitian yang dikumpulkan berupa tes, observasi, dan angket. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IX MTs Assalam Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat dengan subjek sampel adalah siswa kelas IXA, IXB, dan IXC sebanyak tiga kelas dari enam kelas yang ada dipilih secara acak sederhana. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi,analisis regresi linier, dan analisis regresi linier dengan variabel moderator (Moderated Regression Analysis, MRA) dengan metode uji interaksi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa keaktifan, ketrampilan proses, dan iklim kelas mempunyai hubungan yang signifikan dengan kemampuan pemahaman matematik dengan tingkat hubungan masing-masing sedang. kuat, dan rendah.Keaktifan siswa mempunyai pengaruh yang signifikan sebesar 33.2% terhadap variasikemampuan pemahaman matematik dengan persamaan regresi Y ̂_i=73.770+1.204X_1+e. Ketrampilan proses siswa mempunyai pengaruh yang signifikan sebesar 57.4% terhadap variasikemampuan pemahaman matematik dengan persamaan regresi Y ̂_i=73.770+1.426X_2+e. Iklim kelas mempunyai pengaruh yang signifikan sebesar 2.3% terhadap variasi hubungan antara keaktifan siswa dengan kemampuan pemahaman matematik dengan persamaan Y ̂=72.914+1.197X_1+0.303X_3+0.045X_1 X_3+e.Sedangkan iklim kelas tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variasi hubungan antara ketrampilan proses siswa dengankemampuan pemahaman matematik. Kemudian keaktifan dan ketrampilan proses siswa secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebesar 57.7% terhadap variasikemampuan pemahaman matematik dengan persamaan regresi Y ̂=73.770+0.166X_1+1.320X_2+e.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 Mar 2016 07:45
Last Modified: 05 Mar 2016 07:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item