Eneng Rina Suminar, 105060139 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR TENTANG TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER SKRIPSI.docx Download (140kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
Motto dan Persembahan Skripsi.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
ABZTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
Ucapan Terima Kasih.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (47kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (14kB) |
|
Text
Riwayat Hidup Peneliti.docx Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa melalui model Problem Based Learning dalam pembelajaran dengan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Melong Mandiri 3. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Melong Mandiri 3 yang tidak termotivasi didalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan ceramah konvensional, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya model Problem Based Learning belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yang terdiri dari 5 tahap yaitu 1. Merumuskan Masalah, 2. Merumuskan jawaban sementara (hipotesis), 3.Menguji jawaban tentative, 4. Menarik kesimpulan, 5.Menerapkan kesimpulan. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas Problem Based Learning siswa dan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar . Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peningkatan kemampuan berpikir siswa dari siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I muncul sikap rasa ingin tahu 2,90 dengan kategori sedang , siklus II 3,04 dengan kategori baik. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning sangat menunjang terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran yang lain. Kata kunci: Problem Based Learning, Motivasi, Prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 17:12 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 17:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8694 |
Actions (login required)
View Item |