PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN CARA-CARA MAHLUK HIDUP BERDAPTASI DENGAN LINGKUNAGANNYA DI KELAS V SDN TOBLONG 2 MAJALAYA

ERLIN BERLINA, 115060335 (2016) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN CARA-CARA MAHLUK HIDUP BERDAPTASI DENGAN LINGKUNAGANNYA DI KELAS V SDN TOBLONG 2 MAJALAYA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
JUDUL.docx

Download (85kB)
[img] Text
lampiran, daftar isi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
BAB I .docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (477kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (24kB)

Abstract

Penelitian tentang Penerapan Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil dan minat Belajar IPA Kelas V SDN Toblong 2 bertujuan untuk mengetahui penerapan metode picture and picture dalam meningkatkan hasil dan minat belajar pada materi cara-cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Toblong 2 Kecamatan Majalaya. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Toblong 2 yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi, angket dan tes, alat pengumpul data yaitu lembar observasi, soal tes. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan hasil akhir penelitian yang diperoleh yaitu nilai rata-rata hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada materi cara-cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya pada siswa kelas V SDN Toblong 2 yaitu terlihat nilai tertinggi yang dicapai oleh siswa sebelum pembelajaran adalah 80 pada siklus I meningkat menjadi 90 dan pada siklus II meningkat menjadai 100, sementara nilai terendah sebelum pembelajaran 40, pada siklus I meningkat menjadi 50 dan pada siklus II menjadi 65. Nilai rata-rata yang dicapai sebelum pembelajaran adalah 59.50 pada siklus I meningkat menjadi 67.88 dan pada siklus II meningkat menjadi 75.13. porsentasi ketuntasan siswa pun meningkat dari sebelum pembelajaran sampai siklus II, yaitu sebelum pembelajaran hanya 32.50% siswa yang tuntas dan pada siklus II meningkat mnejadi 57.50% siswa yang tuntas pada siklus II meningkatlagi menjadi 92.50%. Maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V SDN Toblong 2 dengan menerapkan metode pembelajaran picture and picture. Kata Kunci : Minat, Hasil Belajar, dan Picture and Picture

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Aug 2016 13:28
Last Modified: 12 Aug 2016 13:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8643

Actions (login required)

View Item View Item