PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

EKA MARANTIKA, 115060356 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.doc

Download (106kB)
[img] Text
motto.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
abstrak,kata pengantar, terima kasih, daftar isi.doc

Download (81kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (37kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (746kB)
[img] Text
Bab 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
Bab 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
Bab 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.doc
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)

Abstract

Penelitin ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti pada SDN SDN Lagadar 4 Kp. Cikuya Kab. Bandung yang menujukkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Atas dasar latar belakang tersebutlah peneliti melakukan penelitian dengan tujuan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dengan menggunakan metode kooperatif model numbered heads together. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Lagadar 4 Kp. Cikuya Kab. Bandung dengan jumlah keseluruhan 38 siswa yang terdiri dari 19 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilengkapi dengan instrumen yang terdiri dari lembar observasi kegiatan guru dan siswa, lembar penilaian kemampuan berkelompok siswa, alat evaluasi. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar terjadi dalam setiap siklusnya baik sebelum pembelajaran (pretes) maupun setelah pembelajaran (postes). Pada siklus I sebelum pembelajaran hasil evaluasi siswa memperoleh nilai pretes 46,32 sedangkan setelah pembelajaran dilakukan postes memperoleh nilai 66,05. Pada siklus II memperoleh nilai pretes 50.53 sedangkan postes memperoleh nilai 74,21. Pada siklus III pretes memperoleh nilai 59,47 dan postes memperoleh nilai 80,00. Selain itu, peningkatan juga terjadi pada kemampuan berkelompok siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Dari hasil yang didapat, kemampuan berkelompok siswa pada siklus I memperoleh nilai 50, pada siklus II memperoleh nilai 75 dan pada siklus III memperoleh nilai 85,71. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaan suku bangsa budaya Indonesia. Kata kunci : Model Numbered Heads Together, Hasil Belajar. Nu jadi kasangtukang panalitian ieu teh nyaeta hasil observasi panaliti di SDN Lagadar 4 Kp. Cikuya Kab. Bandung anu nuduhkeun morosotna hasil diajar murid dina pangajaran IPS. Dumasar kana hal eta panaliti ngalaksanakeun panalitian anu mibanda tujuan pikeun ngaronjatkeun hasil diajar para murid supaya nghasilkeun hasil diajar nu leuwih hade kalayan ngagunakeun metode Kooperatif Numbered Heads Together. Panalitian dilakukan ka murid kelas V SDN Lagadar 4 Kp. Cikuya Kab. Bandung kalayan jumlah murid sakabehna aya 38 urang, 19 urang murid lalaki jeung 19 urang murid awewe. Panalitian ieu ngagunakeun metode panalitian tindakan kelas (PTK) nu diwuwuh ku sababaraha instrument nyaeta, lembar observasi kagiatan guru jeung murid, lembar penilaian kemampuan berkelompok siswa jeung alat evaluasi. Panalitian the dilaksanakan tilu siklus. Tina hasil panalitian ieu the nudukeun yen ngagunakeun model pangajaran Numbered Heads Together bisa ngaronjatkeun hasil diajar para murid. Ngaronjatna hasil diajar teh kaciri dina satiap siklusna boh memeh diajar (pretes) boh tos diajar (postes). Dina siklus ka hiji samemeh dilakukeun pangajaran hasil evaluasi murid meunang punteun pretes 46.32 sedangkeun sanggeus dilakukeun pangajaran meunang peunteun postes 66.05. dina siklus kadua meunang punteun pretes 50.53 sedengkeun postes meunang punteun 74.21, dina siklus katilu murid meunang punteun pretes 59.47 sedengkeun postes meunang punteun 80.00. Salian ti eta kamampuan berkelompok siswa oge ngilu ngaronjat ti mimiti siklus I nepi ka III, kamampuan berkelompok siswa dina siklus kahiji meunang punteun 50.00, dina siklus kadua meunang punteun 75.00, jeung dina siklus katilu meunang punteun 85.71. Ku sabab kitu, bisa disebutkeun yen nerapkeun model pembelajaran Numbered Heads Together bisa ngaronjatkeun hasil diajar murid dina pangajaran IPS pokok bahasan Keanekaragaman Suku Bangsa Budaya Indonesia. Kata kunci : Model Numbered Heads Together, Hasil Diajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Aug 2016 18:11
Last Modified: 10 Aug 2016 18:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8419

Actions (login required)

View Item View Item