UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Dinni Sakinah F, 115060092 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (66kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 2015.docx

Download (16kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP DAN MOTTO.docx
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)”, dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada dilapangan yaitu kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS yang masih tergplong rendah dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS yang belum memenuhi KKM yang ditetapkan kerena metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih menggunakan metode secara konvensional atau metode ceramah. Desain penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan scientific yang setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa kunatitatif diolah dengan cara deskripsi sedangkan data kuantitatif diolah melalui proses perhitungan sesuai pedoman penskoran yang ditentukan. Data-data yang telah diolah kemudian dibandingkan dengan indikator keberhasilan yaitu minimal 85% nilai postes > KKM 75 dan seluruh indikator setiap komponen terlaksana dengan predikat baik. Mengacu pada data-data yang diperoleh, hasil penelitian secara keseluruhan telah menunjukkan peningkatan yang signifikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I peserta didik berhasil meraih presentase ketuntasan 41%. Pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari hasil postest pada siklus II mengalami peningkatan sangat besar dengan presentase 95%. Hal itu dikarenakan pada model pembelajaran Problem Based Learning, dapat meningkatakan kualitas kemampuan berpikir kritis siswa. Siswa yang terlibat secara aktif dalam pembelajaran memiliki pengetahuan yang lebih baik dan lebih mampu mengembangkan kemampuan diri dalam memecahkan masalah dibandingkan siswa yang belajar melalui ceramah. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa dengan model pembelajaran Problem Based Learning ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengkomunikasikan dan memecahkan masalah tentang mengenal tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Cangkuang 02. Dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning , Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, IPS, Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Aug 2016 17:11
Last Modified: 10 Aug 2016 17:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8401

Actions (login required)

View Item View Item