PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD SYUKUR DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN SERTA PEMBAGIAN WAKTU DI INDONESIA

WULAN NURJANAH, 115060257 (2016) PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD SYUKUR DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN SERTA PEMBAGIAN WAKTU DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (83kB)
[img] Text
lembar pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
Motto dan Persembahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (13kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (81kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (15kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)

Abstract

Wulan Nurjanah. 2015. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas V SD Syukur Dalam Pembelajaran IPS Pada Materi Kenampakan Alam dan Buatan Serta Pembagian Waktu di Indonesia. Pembimbing I: Dr.H.Dadadang Iskandar,M.Pd., Pembimbing II: Dra.Hj.Euis Suherti,M.Pd., Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa melalui model discovery learning dalam pembelajaran IPS pada materi kenampakan alam dan buatan serta Pembagian waktu di Indonesia. Penelitian ini tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Syukur. Penelitian ini di latar belakangi dengan keadaan siswa di kelas V SD Syukur memiliki sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar yang rendah di dalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan metode ceramah. Dalam kegiatan penelitian pembelajaran dengan menerapkan model Discovery Learning yang terdiri dari beberapa tahap yaitu stimulasi/pemberian rangsangan, pernyataan/ identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/generalisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengguna model discovery leraning dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peningkatan rasa ingin tahu siswa dari siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I muncul sikap rasa ingin tahu siswa 72,2% dengan kategori kurang, siklus II 95,7% dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengguna model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II, yaitu untuk aspek sikap (percaya dan rasa ingin tahu) pada siklus I mencapai 46,7% kategori kurang, sikap (toleransi, rasa ingin tahu dan teliti) siklus II mencapai 89,2% kategori baik, untuk aspek pengetahuan siklus I mencapai 74,4% kategori kurang, siklus II mencapai 85% kategori baik, sedangkan aspek keterampilan (berkomunikasi dan mencari informasi) siklus I mencapai 40,3% atau kategori kurang, keterampilan (mencari informasi) siklus II mencapai 85% atau kategori baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model Discovery Learrning sangat menunjang terhadap peningkatan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Leraning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran. Kata kunci: Discovery Learning, rasa ingin tahu, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Aug 2016 15:49
Last Modified: 10 Aug 2016 15:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8399

Actions (login required)

View Item View Item