PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGENAI KENAMPAKAN ALAM DAN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN IPS

Dede Warnan, 115060230 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGENAI KENAMPAKAN ALAM DAN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (37kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.,.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
PERNYATAAN.,.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
abstrak .docx

Download (13kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI ok.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
BAB I ok.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II ok.docx

Download (74kB)
[img] Text
BAB III ok.docx
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] Text
BAB IV ok.docx
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
BAB V ok.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
Riwayat Hidup ok.docx
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kajian dan pengamatan yang dilakukan di kelas IV SDN Bojong Emas III Kabupaten Bandung yang menujukkan kurangnya partisipasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Salah satu penyebab kurangnya partisipasi belajar peserta didik yaitu penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif. Metode yang digunakan guru yaitu metode ceramah, metode ini kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran karena peserta didik hanya menjadi pendengar setia ceramah yang disampaikan guru sehingga peserta didik menjadi pasif. Salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan partisipasi belajar adalah model pembelajaran berbasis portofolio.Model pembelajaran berbasis portofolio merupakan inovasi pembelajaran yang dirancang untuk membantu peserta didik memahami teori secara mendalam melalui pengamalan belajar praktik-empirik. Model pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar peserta didik mengenai Kenampakan Alam dan Keragaman Sosial Budaya dalam pembelajaran IPS, selain itu penggunaan pembelajaran berbasis portofolio berdampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan partisipasi belajar serta hasil belajar peserta didik. Peningkatan partisipasi belajar peserta didik ditunjukkan dengan meningkatnya skor rata-rata yaitu 1,96 pada prasiklus , menjadi 3,50 pada siklus I, dan 3,91 pada siklus II. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini adalah peningkatan partisipasi dan hasil belajar peserta didik dari hasil pretes sampai pelaksanaan postes siklus I dan postes siklus II menunjukkan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan siklus II menunjukkan peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 86,60%, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis 85%. Selain itu aktivitas peserta didik dalam pembelajaran menjadi meningkat, hal tersebut terjadi karena siswa yang ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian model pembelajaran berbasis portofolio selain dapat meningkatkan partisipasi belajar juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Portofolio, Partisipasi Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Aug 2016 14:10
Last Modified: 10 Aug 2016 14:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8337

Actions (login required)

View Item View Item