PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MALATI DALAM PEMBELAJARAN IPS

Siti Nur Azizah, 115060245 (2016) PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MALATI DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (39kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
MOTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.docx

Download (15kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (Autosaved).docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (303kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini di laksanakan di SDN Malati Sumedang Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 21 orang. Penelitian ini di dasari oleh kondisi pembelajaran IPS adalah mata pelajaran yang membosankan dan tidak menarik. Besdasarkan observasi awal yang di lakukan sebelumnya bahwa proses pembelajaran IPS yang terjadi di kelas tidak banyak melibatkan siswa sehingga kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar tidak sesuai dengan yang di harapkan. Faktor lain yang menyebabkan kondisi seperti ini adalah kemampuan professional guru yang kurang, misalnya penggunaan media dan alat peraga, dan kurang memperhatikan kebutuhan siswa. Cara mengajar guru yang masih monoton, kurang inovatif, variatif, dan kreatif dalam menggunakan strategi pembelajaran, sehingga siswa mudah bosan, jenuh, dan tidak termotivasi. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Guru dapat memperoleh pengalaman dalam menerapkan dan mengembangkan strategi pembelajaran IPS di SD, melalui model pembelajaran problem based learning. Model yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan terdiri dari 2 siklus atau tindakan, setiap tindakan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar di peroleh hasil belajar yang optimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang di laksnakan, di peroleh data yang nenunjukan adanya peningkatan kemampuan berfikir kritis dan hasil evaluasi belajar yaitu pada pembelajaran pratindakan nilai rata-rata kemampuan berfikir kritis dalam angket sebesar 77% pada siklus I dan mengalami peningkatan nilai rata-rata 89% pada siklus II. Hasil evaluasi dalam belajar mengalami peningkatan persentase yaitu dari 38% menjadi 62% pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 90%. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini di rekomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran dalam pembelajaran IPS maupun pembelajaran lainnya sebagai salah satu cara mengatasi masalah-masalah dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. Kata kunci: Problem based learning, kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 09 Aug 2016 17:56
Last Modified: 09 Aug 2016 17:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8264

Actions (login required)

View Item View Item