Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Sosial Dan Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam

CUCU SUKMIATI, 115060108 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Sosial Dan Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover - daftar isi.docx

Download (155kB)
[img] Text
BAB 1 PAK MARTIN jadi.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II PAK MARTIN JADI.docx

Download (966kB)
[img] Text
BAB III PAK MARTEN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
Bab IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB Vmm.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
lampiran & profil pribadi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di SDN Jelegong II kabupaten bandung khususnya di kelas IV pada materi keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilator belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan obesrvasi yang mendeskripsikan rendahnnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditettapkan. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi/. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, nilai rata – rata pada siklus 1 untuk pre test 66,20, post test 68,96, dan pada evaluasi akhir pembelajaran 67,75, nilai rata – rata hasil belajar pada siklus II lebih meningkat dari hasil sebelummnya yaitu untuk pre test 71,72, post test 84,4, dan pada evaluasi akhir pembelajaran 83,6. Selain itu aktivitas belajar siswa pun mengalami peningkatan dengan rentang skala dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 91%. Kesimpulan dari penbelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Kata kunci : Penerapan, model problem based learning, aktivitas, hasil belajar, keragaman sosial dan budaya berdasrkan kenampakan alam.PPLICATION OF COOPERATIVE LEARNIN

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 09 Aug 2016 12:23
Last Modified: 09 Aug 2016 12:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8203

Actions (login required)

View Item View Item