PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPAS

Wahyunita Aldilla, 215060068 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPAS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dan minimnya penggunaan media interaktif di SDN 066 Halimun Kota Bandung. Kondisi ini menyebabkan peserta didik kurang aktif dan merasa bosan, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Wordwall terhadap peningkatan pemahaman peserta didik mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari 26 peserta didik kelas eksperimen dan 26 peserta didik kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman dan lembar observasi aktivitas pembelajaran. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t, dan perhitungan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata pretest ke posttest pada kelas eksperimen (dari 58,20 menjadi 83,60) dan kelas kontrol (dari 57,80 menjadi 71,40). Perhitungan N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,62 (kategori sedang– tinggi) dan pada kelas kontrol sebesar 0,30 (kategori rendah–sedang). Uji-t juga menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), yang membuktikan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning PjBL berbantuan media Wordwall berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran IPAS. Kata kunci: Project Based Learning, Wordwall, Pemahaman Peserta Didik, IPAS, SD.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Nov 2025 06:14
Last Modified: 11 Nov 2025 06:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81778

Actions (login required)

View Item View Item