PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (penelitian kuasi Eksperimen pada peserta didik kelas V di SDN Bhakti Winaya 2 Kota Bandung)

KUSUMAH KANI, 215060133 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (penelitian kuasi Eksperimen pada peserta didik kelas V di SDN Bhakti Winaya 2 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (74kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendah nya berpikir kritis di SDN Bhakti Winaya 2, banyak siswa yang masih kesulitan dalam analisis dan penyelesaian masalah, terutama dalam pelajaran matematika mengenai pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan Canva terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Pertanyaan penelitian mencakup: (1) bagaimana kondisi kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan Canva, (2) apakah penerapan model tersebut berdampak signifikan, dan (3) seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain quasieksperimental dengan tipe non-equivalent control group design pada siswa kelas V. Alat ukur penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis yang dilaksanakan dalam pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dibantu Canva memberikan dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan kapasitas berpikir kritis siswa. Kenaikan di kelas eksperimen tergolong tinggi, sementara di kelas kontrol masuk kategori sedang. Temuan ini menandakan bahwa kombinasi model Problem Based Learning (PBL) dan media Canva berhasil dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di tingkat sekolah dasar. Kata kunci: Problem Based Learning, Media Canva, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Nov 2025 07:11
Last Modified: 03 Nov 2025 07:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81685

Actions (login required)

View Item View Item