KUSUMAH KANI, 215060133 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (penelitian kuasi Eksperimen pada peserta didik kelas V di SDN Bhakti Winaya 2 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (74kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendah nya berpikir kritis di SDN Bhakti Winaya 2, banyak siswa yang masih kesulitan dalam analisis dan penyelesaian masalah, terutama dalam pelajaran matematika mengenai pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan Canva terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Pertanyaan penelitian mencakup: (1) bagaimana kondisi kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan Canva, (2) apakah penerapan model tersebut berdampak signifikan, dan (3) seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain quasieksperimental dengan tipe non-equivalent control group design pada siswa kelas V. Alat ukur penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis yang dilaksanakan dalam pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dibantu Canva memberikan dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan kapasitas berpikir kritis siswa. Kenaikan di kelas eksperimen tergolong tinggi, sementara di kelas kontrol masuk kategori sedang. Temuan ini menandakan bahwa kombinasi model Problem Based Learning (PBL) dan media Canva berhasil dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di tingkat sekolah dasar. Kata kunci: Problem Based Learning, Media Canva, Berpikir Kritis
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
| Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 07:11 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 07:11 |
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
