PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

SUHENDAKA HEDY, 215060028 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (881kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SDN 232 Blok Sawah Bandung serta perlunya inovasi dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran yang masih berpusat pada guru membuat peserta didik kurang aktif dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Diperlukan model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah, salah satunya adalah Problem Based Learning berbantuan media Quizizz. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model tersebut terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen tipe non-equivalent control group design. Sampel terdiri dari 25 peserta didik kelas eksperimen dan 25 kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan Effect Size. Peneliti juga menyiapkan perangkat pembelajaran berupa modul ajar, lembar observasi, dan soal tes. Selama pembelajaran, peserta didik tampak antusias dan aktif dalam menyelesaikan soal melalui media Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kontrol. Nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 72% menunjukkan peningkatan tinggi, dan nilai Effect Size sebesar 4,89 termasuk kategori besar. Temuan ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media Quizizz berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci: model Problem Based Learning, media Quizizz, kemampuan pemecahan masalah matematis, sekolah dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Nov 2025 04:03
Last Modified: 03 Nov 2025 04:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81684

Actions (login required)

View Item View Item