PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN SISWA SD (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V Muatan Pelajaran IPAS Sekolah Dasar Negeri Cikasungka 01 Kabupaten Bandung)

Rohayati,Putri, 215060127 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN SISWA SD (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V Muatan Pelajaran IPAS Sekolah Dasar Negeri Cikasungka 01 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER-halaman-1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. RINGKESAN.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (904kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Peserta didik dalam mengikuti pembelajaran IPAS di dalam kelas masih banyak yang menganggap bahwa pelajaran ini merupakan pelajaran yang sulit, sehingga sebagian besar peserta didik kurang tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar dikelas, khusus nya pada materi harmoni dalam ekosistem di SDN Cikasungka 01. Selain itu pembelajaran masih berfokus kepada pendidik. Pembelajaran yang diperlakukan sekarang ini harus berpusat kepada peserta didik, jadi peserta didik harus menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, selain itu kemandirian belajar penting dikembangkan agar siswa mampu bertanggung jawab terhadap proses belajarnya sendiri, mampu mengambil keputusan, serta memiliki motivasi internal untuk mencapai tujuan pembelajaran tanpa selalu bergantung pada pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem based learning (PBL) berbantuan applikasi canva terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas V-C (Eksperimen) dan 32 peserta didik kelas V-B (Kontrol) SDN Cikasungka 01. Perlakuan yang diberikan kepada kelas V-C (eksperimen) menggunakan model pembelajaran Problem based learning (PBL) berbantuan aplikasi canva dan untuk kelas V-B (Kontrol) menggunakan model pembelajaran Direct Instruction.Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui pretest dan posttest dan lembar observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji T, Uji N-gain, uji effect size. Bedasrkan penelitian ini menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menunujukan nilai rata-rata dalam tiga pertemuan yaitu 94,5% dan di kelas kontrol dengan nilai rata-rata dalam tiga pertemuan yaitu 98,8%. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,07 (< 0,05), N-Gain sebesar 0,29 (kategori sedang), dan effect size sebesar 0,86 (kategori besar). Dengan demikian, terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model PBL berbantuan aplikasi canva terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian siswa SD. Kata Kunci : Problem Based Learning, Canva, kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Oct 2025 03:40
Last Modified: 31 Oct 2025 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81670

Actions (login required)

View Item View Item