PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA DI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG (Survey pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Pasundan 7 Bandung)

Khanifah Vina Milatul, 215020026 (2025) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA DI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG (Survey pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Pasundan 7 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (612kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (195kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh pemikiran bahwa efektivitas proses pembelajaran tidak hanya dipengaruhi oleh ketersediaan sarana fisik, tetapi juga oleh dorongan psikologis internal siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk menganalisis dan menguji signifikansi pengaruh dari dua faktor krusial, yaitu Fasilitas Belajar (X1) dan Minat Belajar (X2), baik secara terpisah (parsial) maupun secara bersama-sama (simultan), terhadap variabel Perilaku Belajar Siswa (Y) di lingkungan SMA Pasundan 7 Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey terhadap siswa kelas XI IPS di SMA Pasundan 7 Bandung. Pengambilan data primer dilakukan dengan penyebaran instrumen kuesioner kepada 115 siswa. Teknik analisis data yang digunakan secara komprehensif meliputi analisis statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda sebagai inti pengujian hipotesis. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa: (i)Fasilitas belajar berpengaruh positif dan siginifikan terhadap perilaku belajar siswa. (ii) Minat belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar siswa. (iii) Secara simultan,fasilitas belajar dan minat belajar memiliki pengaruh signifikan sebesar 86,7% terhadap perilaku belajar siswa, sedangkan sisanya 13,3 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar lingkup model penelitian ini. Kesimpulannya, fasilitas belajar dan minat belajar memiliki pengaruh yang sangat penting dalam membentuk perilaku belajar siswa. Peningkatan fasilitas sekolah dan strategi pembelajaran yang menarik diharapkan dapat secara sinergis meningkatkan kualitas perilaku belajar siswa secara keseluruhan. Kata Kunci : Fasilitas Belajar, Minat Belajar, Perilaku Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Oct 2025 08:17
Last Modified: 24 Oct 2025 08:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81599

Actions (login required)

View Item View Item